World Batik Summit Kokohkan Batik di Pentas Dunia

Sejak pengukuhan UNESCO terhadap batik adalah warisan budaya Indonesia 2 Oktober 2010 lalu, sepertinya pekerjaan rumah kita untuk terus mengusung batik di pentas dunia tidak selesai sampai disitu.  SETELAH vakum 14 tahun, ajang terakhir, pengadaan acara tersebut diselenggarakan di Yogyakarta pada 1997 lalu dan dengan semangat membawa seni batik ke pentas dunia, World Batik Summit siap digelar di Jakarta, 28 September hingga 2 Oktober 2011, dengan tema “Global Home of Batik” sebagai sebuah pernyataan bahwa Indonesia adalah rumah asal penciptaan karya seni yang indah ini.

Kecintaan dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap batik sudah banyak diwujudkan dalam keragaman busana kantor, ataupun busana sehari-hari, sebagai pelestarian kain adati tersebut. Inilah saatnya tanggung jawab kita atas kelanjutan pengukuhan UNESCO yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia atas pengakuan batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.

World Batik Summit 2011 diperkirakan akan meningkatkan antusiasme batik internasional dan untuk mendukung pengrajin batik dan pecinta batik di seluruh dunia. Acaranya akan diikuti oleh 1.000 peserta dari Indonesia dan luar negeri. Mereka yang turut serta dalam pagelaran ini berasal dari berbagai latar belakang meliputi praktisi, akademisi, pemasaran, dan kritikus mode .

Menariknya, nanti akan ada area Gallery of Honour di mana beberapa kepala negara, tokoh, dan selebriti mengenakan batik. Ada pula Book Corner yang menampilkan buku-buku batik dari seluruh dunia.

Akan ada acara Gala Dinner dan Fashion Show (Kinerja Budaya).  Fashion show akan diadakan bersamaan dengan Pembukaan Gala Dinner Malam. Fashion show akan mengundang Indonesia atas dan rumah-rumah mode internasional yang karya-karyanya telah menampilkan batik seperti Deanoor (Malaysia), Kouru (Jepang), Saksit (Thailand), Hermes (Paris), Lu Kun (Shanghai / Cina), Bahasa Indonesia Desainer Ramli, Sebastian Gunawan, Anne Avantie, Carmanita, Bi batik, Chossy Latu, Parang Kencana. Budaya Kinerja, Angklung, Topeng Cirebon, Bedoyo Tari dan Tari Jaipong. Kinerja Anak “I Love Batik”, Sejarah Batik / Batik Mengoperasikan Cerita, Slide Show Upeti oleh Iwan Tirta.Program ini akan disampaikan dalam bahasa Indonesia athmosphere makanan dan budaya, pada tanggal 29 September, 2011.

Juga akan ada Pameran (Gelar Batik Nusantara – KTT Pameran). Pameran ini akan diproduksi sebagai bagian dari World Batik Summit 2011 menyajikan semua produk batik seperti Batik Galeri dari kolektor batik, batik seni dan kerajinan, batik interior, batik lokakarya, perhiasan, aksesoris, fashion, dll Program ini akan diselenggarakan pada 28 September dan 2 Oktober 2011.

Source : http://indonesia.worldbatiksummit.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s