Kain Adati | Kain Nusantara

Kain Adati



elum setenar kain batik di Nusantara ini. Tapi kain adati ini masih langka dimana-mana. Para designer sudah mulai ‘melek’ dengan trend baru.t

Apa sih kain adati itu?
Kain adati adalah perpaduan cantik antara batik dan tenun. Meskipun begitu, serbuan kain adati peminatnya tak pernah sepi.
Hmmm, seperti apa ya contohnya? Dan bagaimana peluang bisnis ini sekarang?
Yukk kita ulas sama2 disini.

Pengembangan secara konsisten
Segala olahan tenun & batik sepertinya sudah tersedia di pasaran. Pengolahan yang banyak dilakukan berupa pengembangan motif dan warna menjadi lebih modern maupun penggunaan bahan baku yang lebih nyaman dipakai sehari-hari seperti benang tenun yang lebih tipis sehingga lebih ringan & lentur.

Sebut saja designer Lenny Agustin, salah satu pemain ‘kain adati’ yang berlabel Lennor menyatakan, “Selain dari segi design yang harus up to date sesuai perkembangan tren, tak bisa diabaikan pula pengembangan dari segi motif & warna. Karena konsumen tetap memprioritaskan motifnya. Walaupun designnya menarik tapi motifnya tidak disukai konsumen tidak jadi membeli. Tapi sebaliknya, walaupun designnya masih kurang pas tapi tertarik pd motifnya, mereka cenderung tetap membeli.”
Jadi permainan motif tetap diutamakan. tapi jangan dilupakan juga dari segi warna.

Selain dijadikan sebagai bahan utama, kain tradisional tsb juga dapat dimanfaatkan hanya sebagai aksen saja yang dipadukan dengan material lain. Seperti bahan denim yang diaplikasikan ornamen dari kain adati tsb. Strategi itu yang saya terapkan juga untuk koleksi batik-batik saya supaya produk saya memiliki keunikan tersendiri. Sekaligus menyiasati untuk menekan ongkos produksi karena dari selembar kain tenun yang terbilang mahal bisa menghasilkan beberapa busana. Hemat & unik kan?🙂

One thought on “Kain Adati | Kain Nusantara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s