Tips Berbisnis : Bisnis Perlu ‘SEO’

Tahun 2010 adalah tahun dimana bisnis mulai berkembang. Jiwa entepreneur-pun sangat diperlukan. Memulai usaha dan menjalankannya memang tidak gampang. Sebenarnya dari sejak kita duduk di bangku sekolah-pun sudah diajarkan ilmu berbisnis, hanya saja belum terlalu difokuskan. Dan tidak pernah ada kesempatan untuk mempraktekkannya.  Salah satu ilmu yang saya pelajari sembari mempraktekkannya adalah ‘SEO’. Tanda ‘petik’ diatasnya karena sama sekali berbeda pengertiannya dengan SEO (Search Engine Optimation) yang dibutuhkan agar website kita berada di halaman satu mbah Google.
‘SEO’ yang satu ini adalah gabungan dari :

1. Sharing

Sharinglah apa saja tentang apa yang ada bisa, bisa tentang usaha anda, tentang perjalanan usaha anda, tips ringan yang berkaitan dengan usaha anda dll.
Dengan sharing selain kita berbagi ilmu, kita juga membentuk persepsi orang tentang kita dan usaha kita. Misal saya sharing tentang bagaimana logo yang baik, arti warna logo dll, berarti selain berbagi ilmu, saya juga sedang membranding usaha saya.
Sharinglah sebanyak-banyaknya, bahkan jika tidak dibayar pun. Karena ini berkaitan dengan ilmu selanjutnya, yaitu Epos

2. Epos

Yup, Energi Positif. Tabunglah dan sebarkan sebanyak mungkin. Ikhlaskan membantu orang lain, berbagi apapun dengan orang lain.
Ibaratnya kita sedang menabung energi positif agar kita bisa terus berikhtiar dan insyaAllah kita juga yang akan merasakannya.
Dengan membantu orang, niscaya bantuan tersebut akan kembali ke kita. Saya pernah membantu orang memperbaiki komputernya, dan horee, dia ternyata juga sedang membutuhkan jasa desain. Klop dah

3. Obrolkan

Kenapa? Karena sebagus apapun produk kita jika kita orang lain tidak mengetahuinya maka jangan harap orang lain akan membelinya.
Mulailah mengobrol dengan orang lain, orang asing yang anda temui di jalanan. Ajaklah mengobrol tentang anda dan apa yang anda lakukan, apalagi jika nyambung dengan usaha anda.
Pengalaman yang saya rasakan, bertemu orang di suatu event, ngobrol ngalor ngidul, eh di akhir
pembicaraan, ternyata dia sedang membutuhkan jasa desain yang saya geluti.

(Source : Danang Rahadi)

2 thoughts on “Tips Berbisnis : Bisnis Perlu ‘SEO’

  1. SEO nya masuk akal ni gan…ya mudah2an maju usahanya gan…
    artikel menarik dan penuh pengetahuan…kalo bisa diisi translate english biar dunia mengetahui kalo batik itu benar2 indonesia punya gan…
    keep a good job🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s