Filosofi Kain Batik..

Friday, 17 Juni 2011

Nah, sekarang perbedaannya sekilas tentang batik tulis, print dan cap ya.

jenis kain batik ada 3 :

1. Batik tulis

2. Batik cap

3. Batik print

berikut detailsnya :)

1.  Batik tulis

Udah pada tau kan, bahwa proses batik tulis yaitu proses membatik dan mengukir dengan lilin langsung di batik? Gambar pada batik tulis bisa dilihat dari kedua sisi kain nampak lebih rata tembus bolak balik. Setiap potongan gambar yang diulang pada lembar kain tidak akan sama. Waktu yang dibutuhkan utk membatik lebih lama. pengerjaan batik yang halus bisa memakan waktu 3 hingga 6 bulan lamanya. Itulah sebabnya, sebuah kain jarik batik tulis bisa bernilai sangat-sangat tinggi. Apalagi ditambah dengan design sebuah baju.

ini hasil rancanganku untuk batik tulis, disini

2.  Batik cap

Batik cap adalah suatu jenis batik yang sama-sama menggunakan lilin, hanya saja prosesnya berbeda. Yaitu dengan bantuan cetakan dari tembaga. Seperti gambar dibawah ini. Hasilnya pun tidak bisa 100% presisi (akurat) karena sama2 menggunakan tangan.

berikut peralatan untuk membatik cap dari tembaga :

Cetakan Batik Cap

hasil rancanganku disini 

3.  Batik print

Biasanya orang-orang menyebutnya Batik Cetak. Peralatannya sudah modern, alias menggunakan mesin/tehnik sablon. Prosesnya pun cepat, tidak sampai hitungan hari, sudah jadi deh selembar kain motif batik.  Gambar pada batik printing biasanya tidak tembus ke belakang. Kain bagian belakang berwarna putih.

hasil rancanganku disini 

4.  Batik cap kombinasi Tulis

Batik kombinasi tulis sebenarnya hampir sama dengan batik cap, dimana proses keduanya atau sebelum di soga, direntes atau dirining oleh pembatik tulis sehingga batik terlihat seperti tulis. Hal ini dilakukan untuk mempercepat produksi batik dan keseragaman. Biasanya kisaran harganya pertengahan antara batik cap dan batik tulis.

Kalau selama in kita beranggapan bahwa batik hanyalah sebuah seni melukis diatas kain, tanpa memiliki makna apapun, maka pemikiran tersebut salah dan perlu diluruskan kembali. Pada dasarnya dari setiaplilitan atau coretan di atas kain mori, batik memiliki makna filosofis tersendiri, tergantung siapa dan apa tujuan dari sang pembatik.

Saya lebih suka menyebut batik printing dengan kain motif batik. Saya kurang setuju jika batik printing dikategorikan sama dengan batik. Karena kata mem-batik itu sendiri adalah proses “melukis” diatas kain. Suatu pekerjaan yang manual pastilah mempunyai daya jual yang lebih tinggi ketimbang yang modern. Karena keunikan ‘tangan’ itu sendiri, pastilah tidak ada yang sama. Walaupun pengerjaannya sudah mencapai tingkat ketelitian yang sangat tinggi.  Segala sesuatu yang mempunyai exclusivitas mempunyai daya jual yang lebih tinggi.

Sayapun jika membeli selembar kain batik, saya selalu bertanya kepada pengrajinnya, bagaimana historynya, berapa lama pembuatannya, dari daerah mana, dan mlain sebagainya. Dengan begitu, saya bisa menghargai hasilkarya dari pengrajin itu sendiri sebagai warisan budaya dunia dari nenek moyang kita

Nah sekarang udah tau kaan, what’s the difference between batik tulis, batik cap, ataupun batik printing?

Dengan kita bisa menghargai nilai tambah setiap baju maka dengan demikian kita dapat mengerti mengapa baju-baju rancangan designer berharga cukup tinggi” :)

Berikut rangkuman gambar-gambar interaksi saya dengan pengrajin dan waktu saya mengikuti workshop membatik :)

Proses Pemilihan Kain

pemilihan kain

Proses Membatik

Semoga Bermanfaat :)

5 thoughts on “Filosofi Kain Batik..

    • Dear Bapak/Ibu Dede,

      Kami sebenarnya tidak menjual plat (cetakan) untuk batik cap, tapi jika ingin memesan, waktu pemesanan sekitar 3 bulan, untuk harganya akan kami kirimkan by sms/email, mohon informasi nomor HP / email.
      terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s